Trip to Gunung Pancar

Perjalanan gue yang satu ini dilaksanakan pada bulan oktober lalu, ini perjalanan menurut gue yang brutal banget soalnya waktu  pas pergi gue cuma izin ke CCM (Cibinong City Mall) ahahaha. Soalnya kalo langsung bilang mau pergi yang termasuk lumayan jauh naik motor takutnya orang tua gabakal ngizinnin. Tapi selaw, gue bukan anak yang durhaka kok. Pas otw pulang karena udah malem gue diteleponin beberapa kali buat nanya gue lagi dimana, abis darimana, sampe ade gue minta bawain oleh-oleh. Dan disitu gue bilang kalo  abis dari gunung pancar. Sok lanjut aja...

Ceritanya awal mula kita (kita itu gue sama temen-temen gue yang biasa main) ini kenapa bisa kesini itu kayanya gara-gara emang temen-temen gue yang lain udah punya rencana buat jalan-jalan terus gue diajak. Awalnya gue engga begitu tertarik soalnya emang lagi males kemana-mana aja waktu itu. Mungkin gue tertarik karena ada kata gunung di depannya tapi setelah mereka ngasih tau itu cuma hutan pinus doang jadi engga tertarik-tertarik amat makanya gue bilang gatau ikut apa engga. Tapi karena teman-teman gila gue ini yang ngajak jadi....tetep gue masih bilang gatau.

Sebelum ini perjalanan dimulai. Kita ngomongin dulu tentang rencana ini atau karena kita pelajar adm.perkantoran jadi ini dinamakan rapat. Rapat ini bukan rapat formal yang ada pimpinannya terus disediakan konsumsi lengkap. Rapat ini rapat yang malah kebanyakan ngakak daripada seriusnya. Dari tujuan ke gunung pancar itu sempet kita muter kemana-mana buat nyari tempat yang mungkin lebih seru dibanding ke gunung pancar. Misalnya kaya ke curug leuwihejo yang lagi jadi trend banget, puncak, danblablabla. Tapi ujung-ujungnya  gara-gara kita mikir lagi tentang ini itunya kalo pergi ke tempat yang lain akhirnya kita tetep milih pergi ke tujuan rencana awal. Dan rapat pun berujung aus.

Langsung aja ke hari H perjalanan dimulai, perjalanan ini dimulai waktu sehabis pengambilan rapot UTS karena kebetulan itu hari sabtu. Jadi agak siangan berangkatnya, sekitar jam 10 lewat kita ngumpul. Rencana berangkat jam 11pun tergagalkan oleh sang the queen of ngaret, inayah nabila a.k.a nalay. Akhirnya kita berangkat jam 12 lewat pas lagi panas-panasnya. Rute jalannya gue gatau itu lewat mana tapi gue inget kita lewatin sirkuit sentul sama SICC, kalo ga salah sampe disana jam 2an. Nah sebelum kita jalan ini rintut yang sebelumnya udah pernah kesana lebih duluan sama pacarnya bilang kalo nanti dimintain uang sama yang jaga didepan kita gausah bayar soalnya itu cuma kaya pungli-pungli gajelas. Nah akhirnya gue sama yang lain yang emang belum pernah kesana sebelumnya nurut sama kata-kata rintut. Setelah sampe digerbang ternyata bener, ada orang banyak banget yang jaga didepan. Gue kira yang mintain pungli itu emang kaya bocil bocil atau abg abg daerah setempat, tapi gue kaget ternyata yang jaga malah bapak-bapak semua. Tapi sesuai dengan kata rintut kita jalan terus walaupun udah di stop. Gue yang dibonceng kalem+panik. Dan ternyata kita semua dikejar sama satu bapak-bapak terus disuruh ke gerbang buat bayar sambil diomel-omelin. Bayar masuknya permotor 25ribu terus ternyata ada tiketnya, tapi menurut gue ya wajar aja kita diomelin wong ternyata masuknya pake tiket. Dan yang jadi a big question kenapa waktu itu rintut yang udah kesana lebih dulu ga dikejar ya?ada yang bisa jawab?coba taro dikolom komen dibawah;)

Abis cape diomelin akhirnya gue ajak bapak-bapak yang ngejar main catur biar ga slek  sama yang lain langsung makan. Setelah itu foto-foto, karena lumayan bagus lah tempatnya kalo buat hunting, praweding, lomba manjat pohon sama uji nyali mungkin. Tapi kalo buat lomba lari mungkin engga, soalnya dimana-mana ada pohon pinus dan turunan tanjakan yang cukup curam. Setelah cape foto-foto, di hutan kaya sinetron yang sempat dulu booming sebelum anak jalanan (baca:GGS) waktu udah memasuki waktu ashar dan akhirnya gue sama yang lain bergegas buat sholat. Kita nyari-nyari masjid atau mushalla dilingkungan situ ternyata ga ketemu-ketemu tapi akhirnya gue yang boti sama adel sama nalay tetep semangat nyari tempat sholat tersebut. Kita balik arah ke jalan yang makin lama makin nanjak, akhirnya gue ngeliat kubah dan itu pertanda baik. Yeay!ketemu mushallanya. Tapi keadaannya sangat amat memprihatinkan, dan akhirnya gue putusin buat ngambil air wudhu dulu. Abis itu pas gue masuk kedalem mushallanya bener-bener kotor, kacau parah pokoknya. Huh disitu gue ngerasa itu uang tiket buat apaan gunanya-_____- akhirnya gue sama yang lain mutusin buat nanti nyari tempat yang lebih layak buat sholat kebetulan masih ada waktu. Abis itu kita balik ketempat ngumpul yang tadi, dan tiba-tiba jian ngajakin ke puncak. Kami merasa tergiur atas ajakan jian tersebut tapi, natasya sang apa ye?pokoknya bisa dibilang partner in crimenya jian engga ngijinin soalnya nanti takut cape atau gimana-gimana. Gue juga ngerasa gaenak , soalnya gabisa gantian ngendarain motornya kalo dia cape. Pokoknya kami yang dibonceng emang gabisa gantian sama yang ngendarain motor. Karena kami para cemen-cemen yang belum bisa ngendarain motor huhu. Tapi abis itu...gue lupa gimana ceritanya kita malah jadi ke puncak waktu menunjukkan pukul 4 sore kalo gasalah.

Karena tujuan ke puncak jadi gue sama yang lain mikir nanti aja sholatnya di at-ta’awun siapa tau keburu. Tapi setelah gue tau itu jalannya jauh banget pasti engga bakal keburu, dan bener itu udah sore banget dan akhirnya sholat asharpun bablas. Astaghfirullah. Pesen gue buat diri sendiri dan kalian pembaca postingan gue yang ini yang muslim, jadi jangan pernah lagi nunda-nunda waktu buat sholat ya terutama yang wajib. Walaupun keadaan kita lagi dimanapun. Oke. Inget, kalo kita udah ketemu ajal yang juga bakal ditanya didalem kubur itu tentang sholat wajibnya kita kata guru agama gue. Emang iya kita harus berdoa supaya punya umur yang panjang dan kita juga harus berperasangka baik sama yang diatas kalo umur kita ini InsyaAllah bakal panjang. Ya tapi, jangan terlalu kepedean jugalah kalo umur kita ini bakal panjang. Gitu. Kan jadi ceramah guenya hadeh.

Setelah semangatnya kita otw puncak, pas udah mau setengah jalan ternyata macet waktu udah mau ke arah.....gatau arah apaan namanya dan ada bapak-bapak baik hati yang ngasih tau kalo ada operasi. Operasi lalu lintas ya bukan operasi caesar. Dan karena semuanya belum pada punya SIM akhirnya rencana buat ke puncak tergagalkan. Kita puter balik ke arah pulang tapi sebelum itu kita berenti dulu di tempat kaya saung-saung gitu yang nyediain pop mie, kopi dan teman-temannya. Selesai adzan maghrib akhirnya kita milih lanjutin buat nyari masjid terdekat dulu kemudian lanjut pulang setelah tadinya hampir juga ada rencana buat tetep ke puncak setelah maghrib tapi beberapa dari kami termasuk gue engga setuju soalnya pasti orang tua gue bakalan kalap kalo tau anaknya yang ijin ke CCM ini malah lagi dipuncak malem-malem. Kami ngelanjutin jalan buat menuju rumah masing-masing. Sekitar jam 8nan lewat kalo engga salah alhamdulillah gue sampe rumah dengan selamat sehat wal’afiat+pegel-pegel. pas nyokap nanya juga gue bilang dari gunung pancar alhamdulillah engga dimarahin, mungkin karena itu masih belum jauh-jauh amat tapi pas gue bilang sama nyokap kalo tadinya mau ke puncak. Dan ternyata langsung bilang engga boleh, mungkin itu kenapa rencana buat ke puncak gagal total hoho. Oh iya, ini salah satu foto waktu di gunung pancar.

fokus kepada pohon, abaikan yang ditengah nanti kesambet.