Jadi Gini......................


Seminggu pertama di tahun 2018. Apa aja yang udah terjadi? Ada beberapa yang menarik tapi yang masih hangat di minggu ini ada kejadian yang mana pertama kalinya gue alamin. Siap-siap terkejut, dan sebelumnya ada catetan : jangan salahin saya kalo cerita ini ga sesuai dengan ekspetasi anda. Hahaha.


Jadi kejadian yang udah terjadi tersebut ialah untuk pertama kalinya gue lewat jalan dimana lagi diadakan tilang menilang. Apasih tilang menilang? Yah,pokoknya itulah. 

Jadi gini ceritanya............................................................................. iya gitu pokoknya.

Eh serius serius. Jadi gini, kampus tempat gue kuliah letaknya ini di daerah Jakarta. Depok-Jakarta itu cukup jauh bagi orang yang jarang kemana-mana macem gue. Kalo gue jalan kaki dari Depok sampe kampus mungkin gue bakal bilang ini jauh banget, tapi karena ini masih kejangkau dengan kendaraan dan ga perlu masuk ke pelosok-pelosok jadi cukup jauh aja. Heu,iya lanjut.

Di awal-awal perkuliahan, gue naik kendaraan umum atas kemauan dari kedua belah pihak. Pihak pertama orang tua, pihak kedua gue. Untuk menuju kampus opsi kendaraan umum yang bisa gue pilih cukup beragam. Ada angkot, bus, kereta, ojek online. Pesawat, kapal laut, getek, tank amphibi belum tersedia. 

Sebagai mahasiswi yang masih mengandalkan biaya dari pihak pertama hm, gue nurut dan sebisa mungkin gue ngirit untuk mengelola keuangan pribadi sebaik mungkin. Salah satunya untuk biaya kendaraan umum ini, jadi selama ada yang lebih murah gue bakal pilih itu. Diantara semua opsi, naik bus adalah yang termurah. Dari pengalaman yang gue dapet, semakin murah biaya kendaraan umumnya semakin beragam risiko yang didapet.

Bus yang tersedia dari Depok buat ke kampus adalah bus serupa miniarta. Kalo udah naik bus tersebut terlebih di siang hari kadang ada yang menarik. Selain harus tahan misal ada bau-bau yang kurang cocok sama indra penciuman dan selagi ga dapet tempat duduk, tangan gue dilatih untuk berpegangan erat dengan benda-benda yang ga berpindah tempat karena karakter supir kendaraan umum yang beda-beda. Pernah gue dapet bis dimana supirnya ngendarain bis serasa cuma bawa dirinya sendiri. Dia ngebut ngerem seenak jidat tanpa mikirin penumpang yang padet di dalemnya. Mau kesel dan bilang “turunin aku sekarang” tapi ngeri diturunin beneran sama abangnya, jadi sabar pilihan terbaik. 

Selain termurah naik bus ini juga masih ada sisi enak lainnya. Dibanding angkot bus ngga suka ngetem apalagi sampe lama.

Nah semakin lama padahal baru beberapa minggu kuliah gue ngerasa kalo ongkos kuliah gue cukup ngebebanin. Sampe akhirnya gue menawarkan diri ke mama kalo gue mau kuliah naik motor aja. Cukup nekat apalagi gue belum punya sim dan waktu itu gue juga belum pernah ngendarain motor dengan jarak cukup jauh. Mama ga ngizinin, tapi gue coba ngejelasin kalo nanti misalnya naik motor jalan yang gue lewatin bukan jalan cepet yang biasa dilaluin kendaraan umum. Dan walhasil mama dan ayah setuju<3.

Ngendarain motor pertama kalinya menuju kampus kerasa banget deg-degannya, mungkin sampe sekarang karena gue tau pengendara jaman sekarang itu brutal-brutal dan akhirnya nularin ke gue._. selain itu gue juga ngeri mati. Mati di jalan bukan cita-citaku. Tapi kalo mati di jalan Allah baru ngapapa banget.

Gue heran kenapa orang-orang hobi ngendarain motor cepet-cepet banget dan jarang gue liat yang nyantai? Kenapa gitu? Gue jadinya ikutan cepet-cepet kan hhh. Tapi mama gue bilang “naik motor jangan ngebut-ngebut, kalo mau ngebut di balapan” kalo lagi inget itu gue jadi santai lagi. Dampaknya, dari rumah ke kampus atau sebaliknya gue tempuh dengan waktu hampir sejam. Sedangkan rata-rata temen gue dari kubu depok juga yang jarak rumahnya bisa dibilang ga jauh-jauh banget dari rumah gue cuma makan waktu 30 menitan. Ga beda jauh lah dan gapapa lambat asal selamat lah yaaa huehehe.

Nah balik lagi, jadi selama udah 3 bulanan lebih gue ngendarain motor sendiri ke kampus gue selalu milih lewat jalan yang aman dari jalan-jalan yang biasa diadain razia sampai akhirnya negara api menyerang dan ngubah itu semua. Jalan yang biasa gue tinggal nyebrang antara gang masuk kampus dan arah mau ke Cijantung ditutup tetap, gue belum nanya atau dapet kabar itu ditutup tetap apa engga sebenernya tapi yang pasti udah seminggu ini berlaku.

Hari jum’at (5/1/2018) lalu sekitar jam setengah 3an gue pulang, dan ternyata bener lagi diadain razia. Gue pengendara motor yang polos yang belum punya sim ini jelas deg-degan tapi berusaha ga panik. Pelan-pelan gue nyetir lewat polisi-polisi yang jumlahnya cukup banyak lagi sibuk nilangin motor yang lewat. Gue nyetir terus dan yea alhamdulillah lolos! Tapi, ternyata ada lagi rintangannya karena gue harus muter balik dan yea ada banyak lagi polisi yang nilang. Gue narik napas dan yakin ga kena tilang. Fokus,fokus,fokus hingga akhirnya lolos lagi! Huh, alhamdulillah.

Walaupun udah lolos sepanjang perjalanan deg-degannya masih berasa, ada ketidakpuasan juga di sisi lain. Intinya harus bersyukur banyak-banyak hehe.

No comments:

Post a Comment

Yang Masih Anget..

Kenalan dengan Alun-Alun Kota Depok

6 April 2019 yang lalu, satu lagi tempat baru di kota Depok tersamyang baru saja diresmikan. Bak mendapat angin duduk segar setelah yang ...