Tiada Lagi Lapangan, Turun ke Jalan Gapapa Kan?





Udah lebih dari sebulan lamanya anak-anak kecil di kawasan rumah gue masih getol banget buat main layangan, ternyata prediksi gue meleset. Biasanya waktu kecil layangan itu musimnya ga lama-lama amat walaupun gue ngga ngitungin berapa jumlah harinya. Dan sepertinya emang udah jarang gue liat orang-orang main layangan terkecuali di daerah sekitaran rumah gue ini. Ohiya, ini gue liat sekilas mata aja kalo lagi lewat-lewat jadi bukan berdasarkan survey hahaha,yakali lit-_-. Ga kaya postingan gue sebelumnya yang mungkin terkesan gue ngejelasin kalo main layangan itu ada dampak buruknya. Tapi masih gara-gara layangan akhirnya gue punya pengamatan kaya gini,azek.

Di sekeliling rumah gue saat ini anak-anak kecil udah merajalela banget kayanya ketimbang orang-orang yang se-usia gue. Yang disayangkan, pertumbuhan jumlah anak-anak kecil disini ga seimbang dengan lahan main yang mereka punya. Gue cukup beruntung waktu kecil gue masih sempet ngerasain belajar sepeda, lomba 17-an, main petak jongkok, mainin perasaan orang di tempat luas yang dinamakan lapangan. Sedangkan anak-anak kecil sekarang bener-bener sempit ruang gerak mereka buat main di luar rumah.

Sekarang lapangan-lapangan yang dulu pernah ada berubah jadi rumah-rumah. Pembangunannya juga ga makan waktu lama. Ibaratnya lagi tidur, seketika pas bangun itu lapangan udah berubah jadi kontrakan 10 petak. Lama amat? Maklumin aja mungkin abis begadang 3 tahun lamanya. Gue ngeri jangan-jangan malah anak-anak kecil sekarang gatau lapangan itu apaan. Jangan-jangan mereka ngiranya lapangan itu laki-laki yang belum nikah. Eh,itu bujangan hahahaha garing abis kuadrat hhh.

Kaya yang udah gue ceritain di postingan sebelumnya,mereka (anak-anak) itu main layangan sekarang di jalanan, yang akhirnya bisa nimbulin pro dan kontra. Kadang mereka kena omel, selain dari tetangga-tetangga juga dari pengguna kendaraan motor yang sering lewat. Beberapa kali gue liat pengendara motor kena apes gara-gara layangan, malah pernah ada yang bilang “untung leher gua ga putus” pas banget orang ini lagi motoran terus ada layangan bocil mau landing. Jadilah lehernya keselimpet benang. Gue agak heran emang ada benang layangan yang dibuat dari mata piso sampe bisa mutusin leher orang?doh,kebanyakan nonton the master itu orang kayanya ya(?)

Sebenernya ga sepenuhnya salah yang main layangan juga sih, ya namanya juga masih kecil. Masih mending mereka mau main-mainan tradisional kaya gitu ketimbang main gadget doang. Kan ga mungkin saking mereka mau main layangan tapi karena ga  dibolehin main dijalanan terus mereka cabut ke GBK. Ga ,ga mungkin kecuali mereka mau  main layangannya sambil main bola atau engga emang niat dah. Selain itu juga gue suka ngeri kalo ada ada anak-anak kecil usia balita batita naik atau baru belajar sepeda dijalan-jalan. Kalo tanpa pengawasan selain bisa kena tabrak kalo misalnya ada pengendara motor ugal-ugalan, bisa juga nyusruk ke selokan (naudzubillah,amit-amit jangan sampe) tapi nyatanya itu pernah kejadian.

Bumi ga semakin luas, sedangkan pertambahan penduduknya terus meningkat. Juragan tanah juga banyak yang udah menjual lahannya karena kebutuhan, kemudian dibeli selanjutnya agenda pembangunan itu juga kebutuhan. Intinya emang udah begini alurnya, gaada yang bisa kita salahkan. Siapa juga yang mau nyalahin kan? 

Salam  hangat,
Pengamat setempat tak terbantahkan.

No comments:

Post a Comment

Yang Masih Anget..

Kenalan dengan Alun-Alun Kota Depok

6 April 2019 yang lalu, satu lagi tempat baru di kota Depok tersamyang baru saja diresmikan. Bak mendapat angin duduk segar setelah yang ...