Kesan Pertama Menggunakan Google Maps, Ngeselin Atau Engga?


Hari sabtu lalu tepatnya tanggal 2 februari kemarin, gue dan seorang temen (rahasia  Dea namanya) dapet tugas untuk ngeliput salah satu ormawa kampus yang lagi menyelenggarakan kegiatan tentang programnya mereka. Nah kegiatan tersebut diadakan di Villa AJ Garden, Sawangan yang notabene termasuk lingkup kota Depok.

Sebelum liputan gue disuruh milih sebenernya antara tempat tersebut dan satu lagi yang daerahnya di Cipinang,Jakarta Timur. Akhirnya gue milih yang di Sawangan supaya ga jauh-jauh amat, padahal kedua tempatnya ga ada yang gue tau sama sekali. Pun dengan Dea. Karena lokasi villanya masih kedetect sama google maps jadi gue mikirnya ya tempat ini ndak susah-susah amat buat dicari.


source:weheartit

Keesokan harinya, berbekal google maps dan sotoy lvl dewa kita berangkat ke TKP. Oiya Karena Dea tinggal di Bekasi dan ga begitu tau jalan di Depok jadi kita berangkat bareng dari deket kampus ke Sawangan pake motor Dea. Yapp, yang tadinya pingin ndak jauh-jauh amat malah jadi amat teramat jauh ehehehe. Rasain u lit! Hhhh.

Di jalan, segera gue nyalain google maps di hp..

Lewat arah tanjung barat menuju margonda gue masih cukup apal dengan jalanan tersebut. Kemudian ketika navigasi ngarahin ke jalan raya Dewi Sartika semua berubah dan ini dia awal dari perjuangan hari itu. Disini kami (gue, dea dan google maps) ngelakuin kesalahan bodor yang kalo gue inget sekarang mau ketawa aja rasanya😂

Kesalahan gue, sebagai warga Depok padahal gue udah tau kalo Jalan Dewi Sartika itu salah satu jalan yang dibuat satu arah sama pemkot. Sayangnya gue gatau Jalan Dewi Sartika itu yang mana, saking jarang keluar dari habitat asli hmm. Karena itu arah puter balik kita pun udah ngeliat sebenernya kalo jalan itu dibuat satu arah dan akhirnya gue nyaranin lewat jalan lain. 

Kesalahan Dea, dia ga ngedengerin arahan gue dan malah percaya sama google maps yang gue tunjukin karena dia yang nyetir tiba-tiba Dea malah puter balik dan masuk ke arah Jalan Dewi Sartika itu. Gue diem doang, karena ada seorang bapak pengendara motor dari arah yang sama kaya kita masuk ke jalan itu juga. Gue jadi bingung masa iya jalan yang tadinya satu arah langsung berubah dalam hitungan menit.

Dan voila! Ternyata bapak itu ngelawan arus dan kita terbawa arus. Kebetulan jalannya menanjak ,pas kita mau lewat kendaraan lagi berenti jadi emang ga begitu keliatan kalo jalan itu jalan satu arah. Parahnya, waktu ngelawan arus sirine kereta mau lewat udah bunyi (nah ini dia ternyata penyebab kendaraan yang berhenti oon!). Saat itu posisi kita di tengah-tengah perlintasan kereta api yang juga deket dengan stasiunnya. Kita panik sejadinya, ditambah nyenggol motor bapak-bapak yang kita ikutin dan bikin pelindung knalpotnya patah. Walhasil kena ganti rugi 75rb rek😣

Ohiya itu kesalahan pertama google maps yang ngarahin kita lewat jalan yang seharusnya udah gaboleh dilewatin. Ga upgrade sama aturan-aturan jalan baru di Depok ni!huu. Atau Depoknya yang bikin aturan tapi ga bilang-bilang?Hhh.

Lanjut, akhirnya dengan pikiran tenang kita nyari jalan lain. Karena udah terlanjur puter balik gue menyarankan lewat Jalan Arief Rahman Hakim karena masih mengikuti alur yang nyambung dengan jalur utama yang diarahin mapsnya. Dan dengan pede akhirnya kita percaya lagi sama google maps. Semakin lama jalan yang diarahin google maps ngebawa kita ke jalan-jalan yang besar-sedang-sempit. Yak setelah satu jam, kemudian posisi kita mulai masuk ke gang-gang rumah warga. 

Karena jaraknya udah ga jauh lagi kita masih pede............sampai pada akhirnya tiba-tiba jalan yang kita tuju malah ngarahin masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Walaupun emang iya jarak dari situ menuju villanya udah ga begitu jauh gue cukup bingung ngapain maps ngajakin lewat sini. Apa di TPA tersebut ada pintu ajaibnya doraemon, lorong waktunya zidan apa gimana(?)

Setelah itu kita balik lagi,nyari jalan lain dan masih ngikutin navigasi yang diarahin google maps. Kebingungan gue semakin pekat ketika kita masuk ke daerah yang entah kenapa semakin lama bau kurang enaknya semakin nyengat. Perasaan gue mulai ga enak dan bener aja, tiba-tiba kita masuk ke TPA yang tadi namun dengan lebih dekat dan nyata saudara-saudara! Pertama kalinya ngeliat sampah bergunung-gunung kaya gitu, luar biasa masyaAllah. Antara kesel tapi kok ya ngakak. Cukup unforgettable kala itu huahaha 😌

Masih berbekal pede lvl dewa kita lanjutin jalan dan selanjutnya maps mulai ngarahin jalan yang tepat. Tinggal beberapa kilometer lagi sampe, ujian kita belum kelar. Di tengah jalan, salah satu akses yang mau kita lewatin banjir gara-gara air kali yang meluap. Karena temen gue masih sayang sama motornya dan gue juga dukung takut kalo-kalo malah maksa lewat situ motornya dia kenapa-napa akhirnya kita puter arah lagi. 

Udah sekitar 2 jam ternyata kita di jalan, andai ga muter-muter diperkirakan perjalanan kita udah sampe Bali nih, kalo pake jet pribadi:v . Karena udah lumayan ga pede pake google maps, sepanjang jalan kita mengandalkan arahan warga sekitar. Karena kalo puter balik lagi jalannya cukup jauh pula banyak belok sana-sini (dan intinya) kita takut nyasar lagi. Entah udah berapa banyak orang-orang yang kita tanyain sepanjang jalan.

Keluar masuk gang-gang sempit dan sempet kembali ngikutin google maps (lagi) yang untuk sekian kalinya ngebuat kita salah jalan lagi dan kali ini masuk ke jalan buntu. Ini beneran udah tau disesatin berkali-kali, ngga kapok-kapok. Menerapkan motto never give up banget emang waktu itu,hahaha.

Kemudian sekian kilometer kita tempuh, dan alhamdulillah selamat sampai tujuan juga:). Legaaaa rasanya. Setelah kurang dari 2 jam ngeliput acaranya kita balik ke Gedong masih bermodal google maps juga. Walaupun masih kezel tapi ga ada pilihan kalo ngga gunain itu hm. Berbeda sama jalan yang diarahin waktu pergi, kali ini jalannya lebih mudah karena lebih cepet tembus ke arah jalan rayanya. Walaupun sempet lagi dan lagi diarahin lewat gang-gang sempit. Waktu itu, tiap udah ngeliat jalan raya leganya bukan main huahaha. Dan ga seperti waktu berangkat yang memakan waktu 2 jam , pulangnya kita cukup memakan waktu 1 jam aja.

Yaa,cukup panjang curhatannya kali ini sepertinya. Jadi kesan pertama menggunakan google maps, ngeselin atau engga? Cukup ngeselin tapi tetep berterimakasih deng ehehe. Yang bikesnya, di maps jalannya keliatan mudah banget dilewatin tinggal lurus-lurus doang tapi kenyataannya tiba-tiba malah nembus di gang-gang sempit, gimana ndak linglung cobaaa.

Yowis, semoga nantinya google maps bisa mengarahkan ke jalan-jalan yang ngga nyesatin, jalan yang lebih cepet, lebih upgrade sama perubahan-perubahan di jalannan, dan bisa ngasih tau kalo-kalo ada jalan yang lagi ndak bisa dilewatin. Oh iya pesan moral buat diri sendiri : semoga sebagai pengguna bisa lebih cerdas ketika nantinya mau mengandalkan kembali aplikasi tersebut😳

No comments:

Post a Comment

Yang Masih Anget..

Kenalan dengan Alun-Alun Kota Depok

6 April 2019 yang lalu, satu lagi tempat baru di kota Depok tersamyang baru saja diresmikan. Bak mendapat angin duduk segar setelah yang ...