Camping (Ternyata Ceria) di Bumi Perkemahan Sukamantri


Setelah ini..


H-1 keberangkatan kita mulai nyiapin semuanya, dari mulai barang-barang yang disewa juga belanjaan makanan. Seninnya tanggal 30 juli, jam 7 pagi kita semua berangkat terpisah karena beda rumah,iyaiyaiya. Temen-temen cowo milih pergi naik motor sedangkan gue sama temen-temen perempuan naik kendaraan umum. Setelah naik kereta dan turun di stasiun Bogor kita milih nyambung naik mobil pribadi punya abang grab car mhihihihi. Yup, salah satu  keuntungan hidup di zaman modern kaya gini. Padahal rencana awal kita berniat untuk naik angkot, tapi karena bawaan kita cukup banyak dan kebetulan ada grab car yang mau ngangkut jadiiii, kita bersyukur sekali.

Awal-awal perjalanan sama abang grab beneran menyenangkan sekali, dan ternyata abang  grab carnya sama kayak kita alias belum pernah dateng ke tempatnya xixixi perasaan q mulai nga nyaman kawandh. Dari informasi yang udah kita baca-baca beberapa kilometer menuju  ke sana jalanannya batu-batuan rusak. Meski begitu abang grab carnya  baik beneran karena masih mau  nganterin kita sampe ke bupernya, tapi karena kita khawatir  sama mobilnya jadi  kita putusin buat  lanjut  jalan kaki aja, nah yang ini sesuai feeling gue dan jadinya sama kayak rencana awal untuk jalan kaki. Yea,kita mmg strong women y kan.

Di beberapa artikel yang kita baca-baca kalau  lanjut jalan kaki  dari tempat turun angkot itu makan waktu dua jam. Hmmm, tapi ternyata tulisan-tulisan itu ndak terjadi di kita karena baru beberapa menit jalan kita dapet tebengan dari mamang-mamang supir truk yang juga baik sekali. Setelah turun dari truk pertama dan baru mau lanjut jalan kaki ternyata ada truk lain lagi yang mau ngasih tebengan:”)

Nah tips nih guys kalau mau pergi-pergian kayak gini emang disarankan kita ramah sama lingkungan dan orang-orang sekitar dan jangan malu ya buat nanya. Waspada boleh, suudhon jangan ( nah gimana tuh(?) ). By the  way, buper Sukamantri itu terletak di kaki gunung salak jadi selain jalannya  berbatu,berliku-liku, ada suka  ada dukaaaa   juga menanjak. Jadi selama naik truk rasanya…Alhamdulillah berasa naik gajah beledug di dufan.

Dari truk kedua jalan ke tempat kemah semakin deket , iyalah lit iya.

Tapi rasa batu-batuannya mulai beda dan ga separah dari sebelumnya. Karena udah memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Halimun jadi udah ga ada truk-trukkan lagi. Alhasil kali ini kita berjalan cukup  jauh. Bermenit-menit kita jalan,ternyata kebetulan banget saat itu di sana bertepatan dengan acara pelatihan TNI dan lagi-lagi kita beruntung karena ada tronton TNI yang mau ngasih kita tebengan sampe  bupernya :”).

Sampai di sana, ternyata tenda dan kawan-kawannya  udah rapih didiriin sama temen-temen cowo yang udah nyampe duluan. Memang mantep jiwa  mereka pokoknya.

Karena hari itu hari senin jadi tempatnya sama sekali ngga ramai pengunjung. Dan keadaan di sana sama dari cerita-cerita yang udah kita baca juga. Ada beberapa kamar mandi, musholla, warung-warung yang beberapa buka. Ohh iya, ada juga banyak monyet-monyetnya. Tapi mereka ngga ganggu kok kecuali diminta atau mau ngangguin duluan mungkin(?)

Siang hari cuaca di sana panas tapi udaranya sejuk bruh, sebagai orang yang jarang  piknik terutama pergi ke tempat kayak gitu gue benar-benar menikmatinya. Sejauh mata memandang kita disuguhkan banyak pepohonan dan cukup keliatan juga secuil view kota bogor dari tenda kita berdiri. Uh pokoknya adem nyaman sekali rek.

Sore menuju malam udara mulai berubah kian menjadi  dingin meski ndak sedingin kamu. Hmm malah nyajak km lit heuheu.  Oke, skip.

Sebelum berangkat kita juga udah prepare untuk makannya. Siangnya biar afdol campingnya kita makan mie dan malamnya barulah kita makan ayam, sosis, bakso dan lainnya yang dibakar dengan peralatan seadanya. Beruntungnya beberapa dari kita yang ikut kayak udah punya pengalaman camping kayak gitu jadi lagi-lagi, Alhamdulillah sekali hihi.

Dari sore menuju malam selain udara yang berubah semakin dingin, di sana juga minimbanget  cahaya. Jadi yang  takut gelap wajib banget bawa senter, petromaks, lampu taman boleh boljug. Pokoknya disesuaikan dengan moodmu  aja ya^^.Eh ya, karena kita berame-rame jadi gue ga merasa ngeri walaupun gelap kayak gitu. Semakin malam udaranya  semakin dingin ga karuan, dan kita terbantu banget sama api unggun yang mana udah pasti bukan gue yang buat. Dari selesai  makan malam sampai tengah malam kita lewatin dengan ngobrol, becanda receh ga karuan, mainan, gosip, sampe  curhat tingkat serius. Yang gosip jangan ditiru ya guys, dosa huhu.

Menuju pagi dinginnya udah nyampe tingkat nusuk ke tulang, api unggun pun udah habis. Dan seperti biasa kalau udah kumpul sama temen-temen mata gue bakal semangat terus buat melek. Setelah ngobrol ngalor ngidul beberapa milih tidur, beberapa cowo-cowonya masih asyik ngerumpi di luar tenda dan karena kondisi di dalem tenda ndak sedingin di luar gue sama beberapa temen-temen perempuan yang masih melek ikutan. 

Sampai pagi cuma gue sama Dinda yang beluman tidur. Nah  kalau soal ga tidur lama Dinda emang pakarnya hahaha. Sekitar jam 3 pagi Sonia kebangun dan kita keluar kebetulan ada Jae yang juga beluman tidur. Nah kalau dia ini yang udah berpengalaman perihal alam bebas. Beberapa menit kemudian gue yang udah ga kuat banget sama dingin di luar  akhirnya milih masuk tenda dan nyoba buat tidur. Sampai subuh usaha gue  buat nyoba tidur berujung gagal karena menggigil tengab cuy. Mana sebelumnya kita  sempet bahas soal hipotermia, jadi parno ya kan.

Setelah solat subuh gue dan yang lain jalan keliling sebentar  upaya ngga kedinginan dengan diam di tempat dan kemudian karena  ngantuk gue dateng  rada ngaret jadilah gue menyempatkan diri untuk tidur satu jam. Jam delapanan gue bangun, cuaca mulai hangat dan sudah waktunya untuk pulang padahal belum mau huhu. But karena jadwal dan budget kita memang  untuk  rencana dua hari jadi beneran pulang. Yha.

Jam 10 sampai jam 11 lewat selesai sarapan siang kita  mulai prepare dan ngerapihin semua peralatan dan perlengkapannya. Ba’da zuhur kita pulang diawalin dengan pure berjalan kaki dari tempat kemah sampai jalan umum yang dilewatin banyak kendaraan. Pulangnya kita berangkat sama-sama, karena jalanan yang bebatuan itu juga temen-temen yang naik motor berdua perlu turun salah satu untuk menghindari bahaya. Kendalanya waktu ban motor Fahrul bocor, jadilah sepanjang jalan dia nuntun motornya sampai ke jalan yang benar ketemu tukang tambal ban.

Harapan dapet tebengan udah ga ada karena tiap truk yang turun udah bawa muatan pasir  atau batu-batuan dari atas. Beruntungnya kalau  pulang jalannya menurun jadi energi yang dikeluarkan ngga terlalu banyak. Ah ya, buat mempersingkat waktu dan jarak sampai keluar TNGHS kita beberapa kali nemu jalan pintas yang jalannya rada masuk hutan.

Bermenit-menit jalan akhirnya sampai di jalanan yang mulai mulus, kita pisah dan beruntungnya lagi-lagi ada grab car yang mau ngangkut kita sampai stasiun.
.
.
Perjalanan selama 2 hari 1 malam itu bukan sekedar perjalanan untuk ngerefresh pikiran aja menurut gue. Sebagai newbie yang baru pertama kali camping beneran pake dome, gue benar-benar bersyukur dengan pengalaman yang dialami. Dua hari itu juga semesta seolah mendukung kami karena cuaca yang benar-benar cerah sekali dan rencana kami berjalan dengan lancarnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.


you rock guys!


Sisa ceritanya bisa liat di........



                                     



😂


No comments:

Post a Comment

Yang Masih Anget..

Kenalan dengan Alun-Alun Kota Depok

6 April 2019 yang lalu, satu lagi tempat baru di kota Depok tersamyang baru saja diresmikan. Bak mendapat angin duduk segar setelah yang ...