Mahasiswa,Yuk Manfaatkan Liburanmu!



Liburan agaknya merupakan salah satu hal yang mungkin cukup ditunggu-tunggu bagi setiap orang yang sehari-harinya dipadati dengan berbagai macam rutinitas. Salah satunya juga untuk seseorang yang masih berstatus sebagai mahasiswa. Setelah banyak waktu diisi dengan mengerjakan tugas-tugas dan berbagai ujian yang tak jarang menguras pikiran ,liburan tentu sangat bermanfaat untuk merefresh segala sesuatunya yang mulai melelahkan. Dan tepat setelah ujian akhir semester pada umumnya mahasiswa diberikan libur panjang dengan waktu yang bisa dikatakan tidak sedikit.


Ketika datang waktu liburan, biasanya traveling merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merefresh pikiran. Namun untuk bisa pergi-pergian ke tempat bagus atau termasuk ke dalam list tempat yang diinginkan tentunya sedikit banyak akan mengeluarkan biaya terlebih jika tempat yang ingin dituju berada jauh di luar kota atau bahkan luar negeri.

Jadi, kali ini gue akan berbagi sedikit tips sederhana dan bermanfaat untuk mengisi waktu liburan kamu selagi impian untuk traveling ke tempat-tempat impian belum dapat terpenuhi. Check this out!

Buat List

 

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan sebelum memulai semuanya adalah membuat list apa saja yang ingin kamu lakukan atau yang ingin kamu hasilkan di waktu liburan. Setelah dicatat, persiapkan semuanya dan mulai jalankan satu persatu untuk menjadikan hari-hari liburanmu kali ini lebih produktif.

Jika saat membuat list tapi masih bingung untuk mengisinya tips-tips selanjutnya di bawah ini mungkin bisa membantu.

Jalan-Jalan


Ketika tetap ingin traveling namun memiliki budget terbatas,menjadi backpacker ialah alternatif yang dapat dilakukan.  Namun ketika kamu enggan atau belum siap untuk menjadi backpacker dan sebelum cita-cita dapat traveling jauh belum dapat diwujudkan tidak ada salahnya untuk mendatangi tempat-tempat wisata yang letaknya dari tempat tinggalmu.

Salah satu nikmatnya  menjadi mahasiswa memang ketika bisa menikmati libur panjang  di luar waktu-waktu liburan yang tidak sama seperti  pada umumnya. Dan ketika itu pulalah kamu jadi bisa mendatangi tempat-tempat wisata di  hari biasa yang mana tidak terlalu dipadati banyak pengunjung. Dengan begitu kamu dapat lebih santai untuk menikmati tempat tersebut.

Selain pergi ke tempat wisata  kamu juga dapat memilih alternatif lain seperti mengunjungi perpustakaan, atau sekedar ber-olahraga di luar. Anyway, tetaplah jalan-jalan ketika memang dibutuhkan.

Buat Karya


Yap, berkarya merupakan salah satu hal yang patut dilakukan ketika masih di usia muda. Setelah diberi waktu libur yang cukup panjang kamu dapat melatih kreativitas dengan membuat karya dari berbagai bidang yang kamu suka. Misalnya, kamu gemar memasak. Kamu bisa berkreasi dengan bahan-bahan masakan yang sebelumnya pernah kamu  coba.

Bekerja atau Berbisnis


Sebagai mahasiswa tentu banyak kebutuhan yang diperlukan atau sekedar yang diinginkan. Tidak ada salahnya mencari peluang selagi mengisi waktu liburan. Dengan memanfaatkan waktu untuk bekerja atau berbisnis,maka selain kamu dapat menghasilkan uang kamu pun juga akan mendapat bekal berupa pengalaman ketika sudah lulus nantinya.

Jadi Relawan

 

Saat ini tentu sudah banyak kegiatan-kegiatan dari berbagai bidang yang membutuhkan banyak relawan atau volunteer. Seperti menjadi volunteer pengajar, volunteer di sebuah event atau kegiatan, dan lain sebagainya.  Ada banyak manfaat yang  akan kamu dapat ketika menjadi seorang volunteer, salah satunya untuk menyiapkan dirimu dengan segala kondisi. Jika kamu  tertarik mulailah untuk mencari kegiatan yang sedang membutuhkan volunteer.

Dan sebelum menjadi relawan untuk kegiatan di luar mungkin tidak ada salahnya menjadi relawan di rumah terlebih dahulu untuk membereskan pekerjaan rumah^^

Baca Buku

 

Sudah sering terdengar di telinga bahwa "buku ialah gudang ilmu". Nah setelah di hari-hari ketika kuliah sudah membaca materi-materi tentang  perkuliahan,bagi kamu yang gemar membaca buku sudah saatnya membaca buku-buku yang selama ini kamu tunda untuk membacanya. Dan untuk yang tidak gemar membaca buku, mungkin di waktu liburan ini sudah saatnya kamu mencoba hal tersebut. Coba mulai membaca buku dari genre atau bidang yang kamu  suka. Siapa tahu ketagihan kan ?

Selain dari beberapa cara di atas, masih banyak hal lainnya yang dapat kamu lakukan. Apapun itu lakukanlah hal positif terlebih dengan waktu luang yang sedang ada sekarang. Dan kunci dari semua itu adalah berusahalah agar keluar dari zona nyaman alias tidak sering bermalas-malasan :p. Okey, itulah beberapa tips yang gue bagi untuk mengisi waktu liburan dengan hal-hal yang sederhana yang mungkin juga tidak perlu membutuhkan banyak biaya. Semoga bermanfaat!  

By the way, tulisan ini bisa diliat juga disini

Sumber gambar semuanya : weheartit.com


No comments:

Post a Comment

Yang Masih Anget..

Kenalan dengan Alun-Alun Kota Depok

6 April 2019 yang lalu, satu lagi tempat baru di kota Depok tersamyang baru saja diresmikan. Bak mendapat angin duduk segar setelah yang ...